Selasa, 25 Oktober 2016

Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)


imunisasi
25 oktober 2016, SDIT Nurul Fikri Makassar bekerjasama dengan Puskesmas Tamamaung mengadakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), BIAS adalah pemberian imuniasasi bagi anak sekolah, dengan tujuan mendapatkan kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), tujuan BIAS adalah mempertahankan eliminasi tetanus neonatorum, pengendalian penyakit difteri, dan campak melalui imunisasi DT, Td dan campak. 

Kegiatan ini diikuti oleh 100 ananda dari level kelas 1-3, kegiatan imunisasi ini diberikan kepada ananda yang orang tuanya telah menyetujui kegiatan imunisasi ini dengan cara menandatangani surat persetujuan mengikuti kegiatan imunisasi yang disediakan oleh pihak sekolah. Untuk kelas I diberikan vaksin campak dan DT, dan untuk kelas II dan III diberikan vaksin TD.
kelas 1 F
Sekilas tentang penyakit tetanus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh toksin kuman kolstridium yang bermanifestasi dengan kejang otot secara paroksismal dan diikuti kekakuan pada seluruh badan. Penyakit difteri adalah penyakit menular yang menyerang saluran pernafasan bagian atas (tonsil, faring dan hidung) dan kadang pada selaput lendir dan kulit yang disebabkan oleh bakteri yaitu Corynebacterium diphteriae, Pada umumnya penyakit difteri menyebabkan gejala-gejala seperti panas, sesak nafas, nyeri telan pada tenggorokan, leher bengkak (bullneck), serta adanya selaput warna putih keabu-abuan di tenggorokan yang dapat menyumbat jalan nafas. Sedangkan campak seperti kita ketahui adalah suatu infeksi virus yang menular, yang ditandai dengan demam, batuk, peradangan pada bagian mata, dan ruam kulit.
kelas rendah
Jadi kegiatan ini dilakukan demi mencegah penyakit-penyakit tersebut, karena mencegah lebih baik maka menjaga kesehatan/ketahanan tubuh terhadap penyakit lebih penting, karena pada dasarnya Jauh lebih sulit untuk membuat orang sehat daripada membuat mereka sakit.

0 komentar:

Posting Komentar