Kamis, 20 Oktober 2016

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anak Pulang?

kunjungan edukasi
Sudah menjadi kebiasaan kita menanyakan sesuatu tentang kegiatan ananda disekolahnya, contohnya menanyakan tentang belajar apa ananda tadi di sekolah, kegiatan apa yang dilakukan selama disekolah, dapat nilai berapa disekolah, dan lain sebagainnya.

Coba bayangkan jika pertanyaan-pertanyaan tersebut setiap harinya kita tanyakan kepada ananda, yang terjadi adalah ananda akan merasa bosan atau jenuh. Sehingga ananda mungkin akan menjawab seadanya saja tanpa ingin mengembangkan pembicaraan. 

Hal tersebut bukan berarti anak kita tidak mau ditanyakan tentang kegiatannya disekolah, tetapi perlu disadari ketika ananda kita pulang dari sekolah mereka mengalami kelelahan otak atau down shifting yaitu mengecilnya volume otak. Ada dua zat yang hilang yaitu air dan oksigen karena kelelahan kognitif sepanjang hari di sekolah, jadi ketika ananda pulang dari sekolah yang perlu kita lakukan adalah refresh brain yaitu memekarkan kembali otaknya menjadi segar.

Refresh brain dilakukan dengan 3 cara:
1.     Ketika ananda pulang sambutlah dengan senang hati. sambut dia dengan senyum bahagia, peluk cium ananda, sehingga ananda merasa terjaga setelah pulang dari beraktivitas di sekolah.

2.    Berilah waktu ananda untu beristirahat. Ketika ananda pulang dari sekolah persilahkanlah ananda untuk beristirahat dahulu, beristirahat penting untuk ananda untuk memulihkan kondisinya, kalau perlu pijit ananda kita agar ananda merasa tenang.

3.    Biarkan ananda melakukan aktivitas yang ia sukai. Berilah kesempatan ananda untuk melakukan sesuatu yang mereka anggap sukai hal ini berguna untuk memekarkan kembali otak atau memulihkan kondisi otaknya, contohnya memberikan makanan hewan peliharaannya, naik sepeda, main ayunan, main bola dan lain sebagainya.

Itulah 3 hal yang perlu dilakukan ketika anak kita datang dari sekolah dan ingat jangan sekali-kali menanyakan tentang kegiatan ananda mulai dari pagi hingga pulang dari sekolah. Berikanlah waktu ananda untuk beristirahat pahamilah kebutuhan mereka yang masih dalam tahap belajar.
Wallahu A'lam Bishawab

0 komentar:

Posting Komentar