Kamis, 03 November 2016

MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK UNTUK ANAK

Sekolah merupakan pendidikan formal yang menjadi tempat mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didik dengan tujuan menambah kompetensi yang dimiliki peserta didik. mungkin kita semua sepakat tentang semua orang tua pastilah menginginkan anandanya bersekolah di sekolah yang baik, dalam memilih sekolah pun orang tua perlu mempertimbangkan sesuatu agar sekolah yang dipilih menjadi tempat ananda bersekolah memiliki sistem dan pengajaran yang baik, dalam memilih sekolah yang baik untuk ananda, orang tua perlu melakukan 3 tindakan, tindakan tersebut ialah Melihat, Bertanya, dan Membandingkan.
Wajah Ceria Murid SDIT Nurul Fikri Makassar

Kita akan bahas satu persatu 3 tindakan diatas, kita mulai dari tindakan yang pertama yaitu melihat, apa yang perlu dilihat disekolah tersebut?, nah yang dilihat ialah sarananya. Ada satu sarana yang sangat penting untuk dilihat, sarana tersebut ialah kebersihan toilet siswanya. Toilet siswa tidak harus mewah tapi toilet perlu dalam keadaan bersih, jika toilet siswanya bersih berarti manajemen sekolah tersebut baik.
In House Training
Kedua ialah bertanya, apa yang harus ditanya? Nah yang ditanyakan pertama ialah bagaimana sistem penerimaan siswa barunya. Jika terlihat sistem penerimaan siswanya ribet terlalu banyak tes-tes masuk yang mengharapkan siswa-siswa yang pintar saja yang boleh masuk dalam sekolah tersebut, hal ini menandakan bahwa sekolah tersebut prosesnya biasa-biasa saja, namun jika penerimaan siswa pada sekolah tersebut melakukan tes dan observasi dengan tujuan database siswanya dalam hal ini tes tersebut tidak menentukan masuk atau tidaknya siswa tersebut, itulah sekolah yang baik. Yang kedua yang ditanyakan adalah jadwal pelatihan guru disekolah tersebut karena hebatnya sekolah itu ditentukan oleh guru-guru yang hebat pula. Ketiga bertanyalah bentuk rapor disekolah tersebut, ketika dalam rapor sekolah tersebut yang dinilai adalah sikap, keterampilan, dan pengetahuan ananda itulah sekolah yang baik. Pertanyaan terakhir ialah mengenai kurikulum sekolah tersebut, yang penting ayah bunda ketahui adalah kekhasan dari sekolah tersebut, menurut munif chatib “jika sekolah belum mempunyai kurikulum yang khas, menurut saya itu adalah sekolah yang biasa saja”. Tetapi ketika sekolah tersebut dapat menjelaskan kepada orang tua banyaknya kekhasan dari sekolah tersebut itulah sekolah yang baik.
Laporan Perkembangan Kompetensi Ananda
Kekhasan SDIT Nurul Fikri Makassar
Nah hasil dari tindakan kedua yaitu bertanya, barulah kita dapat beralih ketindakan yang ketiga yaitu membandingkan sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya. Hasil dari perbandingan inilah yang bisa menentukan sekolah mana yang baik untuk ananda kita.

0 komentar:

Posting Komentar