Selasa, 18 Oktober 2016

Field Trip Ananda kelas II ke UNHAS


fieldtrip
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melancarkan kegiatan Fieldtrip level II. Pada hari Rabu tanggal 12 oktober 2016, level 2 SDIT Nurul Fikri Makassar mengadakan kegiatan study field trip ke Universitas Hasanuddin dengan tema “Hewan & Tumbuhan”. Kegiatan ini diikuti oleh 115 siswa dan 10 pendamping. Rombongan meninggalkan tempat menuju kelokasi study field trip pada jam 08.30 – 11.00. Setiba di lokasi rombongan langsung menuju ketempat peternakan Unhas. Rombongan disambut oleh pihak Fakultas Peternakan dengan gembira dan sangat antusias. Mereka menugaskan empat orang mahasiswa Fakultas Peternakan sebagai guide yang akan mendampingi dan memandu siswa selama berada di lokasi peternakan. Setelah siswa berbaris dan dibagi kedalam beberapa kelompok, bapak Nur Amin, S.Sos selaku kepala sekolah SDIT Nurul Fikri Makassar segera menyampaikan kata sambutan, kemudian kata sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr.Fatma Maruddin S.pt, M.p ketua Lab. peternakan yang dilanjutkan penyerahan cinderamata oleh kepala sekolah kepada pihak kampus. 



Sesudah itu para guide atau para mahasisiwa yang bertugas segera mengantar siswa kelokasi peternakan hewan. Siswa yang didampingi oleh para guru segera berpencar sesuai kelompoknya untuk melihat secara langsung hewan-hewan yang dibudidayakan sepertisapi, kambing, ayam, itik, dan rusa. Siswa mendapat penjelasan tentang cara-cara pembudidayaan hewan-hewan tersebut. Bahkan ada yang mewakili teman-temannya mendapat pengalaman langsung memerah susu kambing. Sesudah kegiatan di lokasi peternakan usai, siswa melanjutkan kegiatan di Lab untuk mendapatkan penjelasan tentang pengolahan susu menjadi ice cream dan merakapun di ajarkan cara membuat ice cream dan mencicipi ice cream yang telah jadi.

Sesudah kegitan di lokasi peternakan usai, siswa segera diarahkan menuju kelokasi pertanian. Mereka disambut dengan gembira oleh pihak pertanian. Seperti halnya di peternakan siswa yang sudah diatur kedalam beberapa kelompok segera mendapatkan kata sambutan dan pengarahan oleh bapak kepala sekolah SDIT Nurul Fikri Makassar dan selanjutnya oleh bapak Dr. Ir. Andi Nasruddin M.Sc. Sesudah itu dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata. Selanjutnya siswa langsung diantar menuju ke lokasi budidaya tanaman naga dan mendapatkan penjelasan langsung dari pihak Fakultas Pertanian.
Tepat pukul 11.00 rombongan beraris untuk pamit ke pihak kampus lalu kembali ke sekolah.
Demikian laporan fiel trip level kelas II. Semoga kedepannya lebih baik lagi.








0 komentar:

Posting Komentar