Kamis, 08 September 2016

SIMULASI MANASIK HAJI


Niat
Alhamdulillah, kegiatan Simulasi Manasik haji telah selesai dengan baik, berkat kerja cerdas dan dukungan baik dari para uztad dan ustadzah, murid, serta Seluruh Civitas SDIT Nurul Fikri Makassar secara umum. Kegiatan Simulasi manasik haji yang diikuti oleh seluruh murid SDIT Nurul Fikri Makassar pada hari kamis tanggal 8 september 2016, dimulai pukul 08.00 sampai 11.00 WITA.




Tujuan dari diadakannya kegiatan ini Menanamkan sedini mungkin kepada peserta didik tentang kewajiban  haji bagi setiap muslim dan Memberikan pengalaman praktis/pembelajaran praktek langsung tentang ibadah haji kepada murid.

Murid-murid dikelompokkan menjadi beberapa kloter, setiap kloter mewakili setiap daerah disulawesi selatan, dalam pelaksanaan manasik haji ini setiap kloter didampingi oleh guru yang senantiasa memberikan arahan kepada murid-murid agar simulasi manasik haji dapat bermakna bagi murid tersebut. Selain ada guru yang menjadi pendamping, adapula guru yang bertugas di setiap pos dalam rute kegiatan simulasi manasik haji ini, tugas pokok penjaga pos ialah menjelaskan dan mengingat bacaan-bacaan dalam manasik haji kepada murid.
Thowaf
Minum air zam-zam
Maqom Ibrahim

Sa’I
Sholat di maqom Ibrahim
Arafah
Mina
Muzdalifah
Melempar jumroh aqobah

Adapun rute-rute yang dilewati setiap kloter setelah membaca niat ihrom, lanjut untuk thowaf qudum atau mengelilingi ka’bah sebanyak 7 putaran, lalu sholat sunnah 2 rokaat di maqom ibrahim, setelah itu murid diarahkan untuk meminum air zam-zam.

Setelah murid minum air zam-zam, selanjutnya murid melakukan Sa’I sebanyak 7x putaran menuju Shofa kemudian ke Marwah. Setelah itu siswa diarahkan untuk tarwiyah di mina lalu berangkat ke arafah untuk melaksanakan wukuf untuk mendengarkan khutbah. Kemudian siswa diarahkan mempersiapkan kerikilnya, dari Muzdalifah murid diarahkan ke mina untuk melempar jumroh aqobah.

Demikian gambaran kegiatan Simulasi Manasik Haji yang dilaksanakan oleh SDIT Nurul Fikri Makassar, semoga segala hal yang telah dilakukan bernilai pahala disisi Allah Azzawajal.

Wallahua’lam bish Showwab

0 komentar:

Posting Komentar